MENYUSUI BAYI KEMBAR SECARA BERSAMAAN, MUNGKIN BANGET..

Duhhh senangnya bundaa yang sedang mengandung anak kembar.. jadi inget saat-saat hamil kembar queen deh bund.. selalu ada dua gerakan yang selalu meramaikan perut hehehe.. Tapi pernahkah bunda membayangkan menyusui sikembar secara bersamaan?? Bagi calon bunda ibu kembar, sebaiknya belajar untuk melakukan hal ini yaaa… siapa bilang ngga bisa menyusui kiri kanan, bisa kok asal tau rahasianya….

http://family.fimela.com

Cari Referensi

Menyusui bayi kembar secara bersamaan memang bukan perkara mudah.. butuh perjuangan, butuh belajar, dan butuh praktek, soal bisa atau ngga bisa itu adalah proses yang harus dilewati yaa bundaa… Jika bunda masih belum percaya diri bisa melakukannya secara bersamaan cari referensi yuk bund.. supaya menyusui bayi kembar lebih mudah. Dari mulai posisi yang tepat dan  sharing dengan yang senasib,sumbernya bisa dari internet, pengalaman teman atau saudara, buku atau sumber-sumber lainnya. Sebagai persiapan bergabunglah dengan komunitas anak kembar disana bunda bisa berbagi engalamamn sebanyak-banyaknya tentang merawat anak kembar..

Perhitungkan Waktu Persalinan

Lohh apa hubungan menyusui dengna persiapan persalianan??? Ada dong bund.. mempersiapkan persalinan sama dengan mempersipakan payudara dalam memproduksi ASI. Bisa dengan cara memancing ASI dengan pompa atau mengkonsumsi  asupan yang baik bagi ibu menyusui. Semakin sering dipompa, produksi ASI-mu akan semakin lancar dan banyak. Setelah itu, baru kamu bisa mulai menyusui bayi kembarmu dengan normal.

Tentukan Waktunya

Waktu untuk menyusui bayi kembar sebenarnya tergantung dari masing-masing ibu dan bayinya. Tapi, banyak ibu yang memiliki bayi kembar memilih menyusui dalam waktu bersamaan. Ada dua alasan mengapa menyusui secara bersamaan dipilih oleh mereka. Pertama adalah efisiensi waktu. Meski membutuhkan waktu lebih lama, tapi bunda nggak perlu secara bergantian menyusui bayimu yang artinya waktumu akan habis hanya untuk menyusui dan bunda nggak akan memiliki waktu untuk melakukan hal lainnya. Kedua, bunda juga nggak akan dipusingkan dengan tangisan bayi satu yang ingin menyusui di saat kamu sedang menyusui bayi lainnya. Jika bunda memang memutuskan ingin menyusui secara bersamaan, maka lakukanlah sejak awal sehingga si kembar memiliki jam menyusu yang sama.

Temukan Posisi Nyaman

Posisi yang paling nyaman akan bunda temukan dengan makin seringnya kamu menyusui si kembar.. Menyusui bayi berbarengan pastinya merepotkan karena itu bunda membutuhkan alat bantu yang bisa membuat bunda merasa lebih nyaman, yaitu bantal menyusui. Dengan bantuan bantal menyusui, bunda nggak perlu memegang atau memeluk si kembar saat mereka menyusu.

Selang-Seling Posisi

Jangan biasakan sikecil menyusui di payudara yang sama secara terus-menerus. Jika sebelumnya bayi A sudah menyusui di payudara kiri, maka untuk selanjutnya biarkan dia menyusu di payudara sebelah kanan dan seterusnya. Hal ini penting untuk dilakukan karena berhubungan dengan latihan stimulasi penglihatannya. Jika sikembar selalu menyusu di payudara yang sama, maka stimulasi penglihatan akan terjadi pada salah satu mata saja. Tentu saja ini akan memengaruhi daya penglihatan si kembar nantinya. Saat menyusu, bayi juga belajar fokus melihat ke satu objek, yaitu wajahmu. Sangat penting baginya untuk melatih fokus penglihatan di kedua matanya.

Jangan Takut Habis

Banyak ibu dengan bayi kembar khawatir ASI yang diproduksinya nggak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan dua buah hatinya. Well, don’t be worry, Mom. Cara kerja produksi ASI adalah semakin sering dihisap maka semakin banyak ASI yang dihasilkan. Jadi, selama si kembar masih rajin menyusu langsung padamu, jangan khawatir akan kehabisan ASI. Jangan takut juga mereka akan kekurangan nutrisi karena harus berbagi ASI. Hal ini nggak akan terjadi asalkan kamu selalu mengonsumsi makanan dan minuman bergizi yang membuat produksi ASI-mu juga berkualitas.

 

Siapakah menysui mereka secara bersamaan???

 

sumber : http://family.fimela.com

 

Comments

Wulan
Assalamualaikum.. Nama saya Prasyanti Citra wulan biasa dipanggil Wulan, Bisa dibilang saya ini termasuk wanita yang memilih utuk menikah muda dan memilki anak diusia muda. Dan yang luar biasa Tuhan memberikan kepercayaan kepada saya dan suami untuk merawat anak kembar. Memiliki pengalaman merawat anak kembar membuat saya ingin menulis tahap demi tahap dari perkembangan mereka. Agar bisa menjadi kenang-kenangan saat kelak mereka menjadi dewasa. Tentunya selain itu ada banyak hal yang ingin saya bagi bersama teman-teman yang memiki pengalaman yang sama. Semoga kembarqueen.com bisa bermanfaat untuk sobat queen semuanya... :)

Categories