MARI MENGENAL PEWARNA MAKANAN ALAMI YUKK…

Rainbow.. belakangan menjadi trend tersendiri didunia kuliner.. Segala macem makanan dibikin versi rainbow.. dari mulai kue, cake, mie, minuman, bahkan nasi ada juga lohh yang membuatnya versi rainbow. Lucu sih makanan jadi lebih menarik ketika ada sentuhan warna-warni disana sini.. Tapi apa kabar dengan pewarna yang digunakan yaaa??? Apa betul untuk pewarna makanan atau pewarna lain..

Nahhh ini dia yang dikhawartirkan  ketika tema rainbow booming, Makanan-makanan kurang sehat yang dicampur dengan pewarna yang bukan pewarna makanan semakin mudah ditemui seiring dengan tema full colour yang menjamur. Huft jadi sudah bedain yaah yang mana pewarna makanan dan yang bukan… Alangkah lebih bijak jika kita bisa menggunakan pewarna alami untuk mewarnai makanan, tentunya lebih sehat kaan???? Mau tau bahan makanan apa saja yang bisa dijadikan pewarna alami untuk makanan??? Yuk intip infonya disini yaaa..

expresipangan.blogspot.com

  • Merah, pasti tau dong angkak atau mahkota bunga rosela Biasanya ini sering dijadikan pewarna alami untuk warna merah. Angkak itu sendiri adalah hasil fermentasi beras merah. Cara menggunakannya: seduh angkak dengan air panas, buang air rendaman pertama, lakukan hingga tiga kali. Setelah seduhan yang ketiga, lumatkan angkak dan siap digunakan sebagai pewarna makanan alami. Sedangkan untuk bunga rosela, seduh mahkota bunga rosela, lalu lumatkan dan siap dicampur sebagai pewarna merah.
  • Kuning, Kunyit bumbu dapur yang mudah ditemui. Selain sebagai pewarna alami warna kuning, kunyit juga membantu proses pengawetan makanan agar tidak mudah basi. Untuk menggunakannya, parut kunyit, lalu peras airnya untuk digunakan sebagai pewarna makanan. Hati-hati, noda kunyit sulit hilang, lindungi tangan dengan sarung tangan saat mengolahnya yaa.
  • Hijau, Daun suji dan daun pandan adalah pilihan tepat untuk mewarnai makanan dengan warnba hijau. Kedua jenis daun itu selain memberi warna alami, juga memiliki wangi yang khas untuk menambah selera pada makanan. Cara menggunakan keduanya sama, haluskan daun suji atau daun pandan dengan blender, peras airnya lalu saring. Hasil perasan inilah yang bisa dipakai sebagai pewarna alami.
  • Biru, Warna yang jarang digunakan untuk mewarnai makanan. tetapi bilabunda tertarik untuk menggunakannya pada masakan. bundaa bisa menggunakan mahkota bunga telang . Memang agak asing sih.. tapi inilah cara yang tepat untuk mendapatkan warna dari bahan alami. Cara menggunakannya: rebus beberapa mahkota bunga telang hingga air rebusan berubah menjadi biru. Tunggu hingga air rebusan menjadi dingin sebelum digunakan.
  • Hitam, Untuk panganan berwarna hitam, biasanya digunakan kluwek untuk masakan dan abu merang untuk kue. kluwek bahan alami yang sering ditemukan pada rawon, ini wajib digunakan untuk memberikan warna hitam pada rawon. Cara menggunakannya, pecahkan biji kluwek, ambil dagingnya dan haluskan sebelum dicampur dengan bumbu-bumbu lain. Sementara abu merang adalah abu hasil pembakaran batang padi. Campurkan abu merang dengan air hangat dan siap dipakai untuk mewarnai kue-kue buatan sendiri.
  • Cokelat tua Untuk menghasilkan warna ini bunda bisa memanggang kayu manis, cengkeh, dan lada hitam dalam panci selama 5 sampai 6 menit di atas suhu api sedang. Haluskan semua bumbu dapur ini lalu berikan pada menu masakan buatan sendiri.
  • Oranye Wortel bisa bunda gunakan untuk menghasilkan warna ini. Selain itu bunda juga menggunakan kulit jeruk yang telah dihancurkan untuk mendapatkan warna orange.
  • Merah muda warna yang banyak disukai ara wanita. Bunda bisa menggunakan Raspberry dan jus stroberi untuk menambahkan sedikit warna pink untuk masakan.
  • Ungu atau violet, untuk mendapatkan warna ini bunda bisa menggunakan Blueberri untuk dijadikan sebagai bahan pewarba alami..Unsur-unsur bahan makanan alami di dalamnya bekerja dengan sangat baik dan aman dikonsumsi.
semoga bermanfaat :) 

 

sumber : http://www.vemale.com,http://www.okefood.com

 

Comments

Wulan
Assalamualaikum.. Nama saya Prasyanti Citra wulan biasa dipanggil Wulan, Bisa dibilang saya ini termasuk wanita yang memilih utuk menikah muda dan memilki anak diusia muda. Dan yang luar biasa Tuhan memberikan kepercayaan kepada saya dan suami untuk merawat anak kembar. Memiliki pengalaman merawat anak kembar membuat saya ingin menulis tahap demi tahap dari perkembangan mereka. Agar bisa menjadi kenang-kenangan saat kelak mereka menjadi dewasa. Tentunya selain itu ada banyak hal yang ingin saya bagi bersama teman-teman yang memiki pengalaman yang sama. Semoga kembarqueen.com bisa bermanfaat untuk sobat queen semuanya... :)

Categories