KENAPA SIH HARUS CAESAR?? BERIKUT BEBERAPA ALASANNYA..

Ngga pernah kebayang deh akan melahirkan caesar .. Walaupun mengandung anak kembar sebenarnrnya sih pengennya melahirkan normal aja.. selain biayanya lebih hemat hehe, melahirkan secara normal bisa membuat kita merasakan istimewanya perempuan karena melahirkan kan hanya dialami oleh perempuan… Namun apa mau dikata kenyataan berkata lain… jalan operasi caesar tetap harus ditempuh guna menyelamatkan bayi kami. Iyaa sih udah berjam-jam menunggu datangnya pembukaan tapi pembukaan hanya bertahan sampai di pembukaan tiga kata dokter sih karena posisi salah satu bayi kami melintang…. alhasil demi menyelamatkan sang bayi kembar yang satunya (yang sudah pas pada posisinya untuk keluar) dokter memutuskan untuk mengambil jalan caesar….

Sebenarnya ada beberapa alasan yang memenyebabkan seorang bumil harus melakukan operasi caesar baik itu yang direncanakan maupun tidak.. Hal ini tentunya lepas dari keinginan sang bunda yaa yang sengaja mengambil jalan caesar untuk proses melahirkannya..(Biasanya sih karena tanggal cantik hehe )..

Nahh berikut daftar alasan kenapa seorang bumil harus mengambil tindakan operasi caesar untuk proses melahirkannya..

bincanganak.com

Kondisi ibu

  • Lingkar rongga panggul lebih kecil dibanding ukuran janin.
  • Adanya kelainan panggul, atau akibat operasi di daerah panggul sebelumnya.
  • Ibu menderita penyakit seperti jantung, paru-paru, hipertensi.
  • Adanya gangguan di jalan lahir, seperti tumor.
  • Ada riwayat operasi pada rahim yang menembus endometrium, seperti operasi tumor kandungan (miom), bekas Caesar kurang dari 2 tahun, atau bekas Caesar 2 kali.
  • Ibu berusia lebih dari 35 tahun saat melahirkan pertama kali.

Kondisi Janin.

  • Bayi besar (makrosomia) dengan berat lebih dari 4000 gram.
  • Kelainan letak plasenta, seperti menutupi seluruh atau sebagian jalan lahir (previa total/sebagian).
  • Kelainan letak janin, misalnya melintang.
  • Terjadi gangguan janin (fetal distress). Misalnya, akibat gangguan aliran oksigen dari ibu ke janin melalui tali pusat dan plasenta yang terjadi pada ibu yang menderita tekanan darah tinggi, atau tali pusat terjepit di antara tubuh janin atau terpelincir.
  • Kelainan janin, hidrosefalus (kepala berisi cairan), kembar siam, dan lain-lain.

Dicaesar maupun normal yang paling penting kan bayi dan bundanya sehat walafiat.. Bagi yang sedang menunggu kelahiran sang bayi semoga lancar yaa proses melahirkannya.. :)

 

sumber : http://www.ayahbunda.co.id

Comments

Wulan
Assalamualaikum.. Nama saya Prasyanti Citra wulan biasa dipanggil Wulan, Bisa dibilang saya ini termasuk wanita yang memilih utuk menikah muda dan memilki anak diusia muda. Dan yang luar biasa Tuhan memberikan kepercayaan kepada saya dan suami untuk merawat anak kembar. Memiliki pengalaman merawat anak kembar membuat saya ingin menulis tahap demi tahap dari perkembangan mereka. Agar bisa menjadi kenang-kenangan saat kelak mereka menjadi dewasa. Tentunya selain itu ada banyak hal yang ingin saya bagi bersama teman-teman yang memiki pengalaman yang sama. Semoga kembarqueen.com bisa bermanfaat untuk sobat queen semuanya... :)

Categories